Satu hari setelah bergabung sebagai Sygma Learning Consultant




Assalamualaikum 
Dear sahabat pejuang sirah yang baru bergabung, Ahlan wa sahlan. Semoga betah ya di keluarga besar Sygma Daya Insani ini.

Setelah join what next?

Sepengalaman saya ada beberapa hal yang langsung bisa dilakukan setelah join menjadi Sygma Learning Consultant nya SDI.

Semoga tulisan ini sedikit bermanfaat ya...

1. Membaca ulang materi-materi di WA Grup Business Prospecting sampai faham. Kalau ada yang belum difahami segera bertanya pada SLC perekrut atau langsung di grup besar SLC. 

2. Setelah faham history perusahaan, jajaran CEO, visi misi, produk knowledge, strategi marketing, reward dan lain-lain, seterusnya LURUSKAN NIAT

Sepengetahuan saya, menjadi SLC SDI itu butuh nafas yang panjang, karena kita tidak  akan berlari sprint, tapi bakalan lari maraton. Kita bakalan dapat ujian dan tantangan dari diri sendiri dan dari luar diri kita yang menuntut kita untuk selalu sabar dan ulet. Satu fakta saja : minat baca orang Indonesia. Nah sudah mulai kebayang kan? thats not easy, right? Kita bakalan banyak ngadapi handling objection dari calon-calon cust kita. 

Kalau orientasi kita melulu closingan aka komisi siap-siaplah lelah  Esmeralda. Karena closingan itu pasti up n down, karena bagian dari rejekinya Allah kan ya. Sama kayak orang dagang lainnya, kadang ramai kadang sepi....kadang anyep. Nah kalau masa panen bisa buat happy tapi kalau lagi kemarau jangan sampai berhenti.

Ingat selalu Tagline nya SDI bahwa SLC itu sejatinya sedang melakukan Helping other. Bukan sekedar Selling.

Tapi kalau niatnya Lillah untuk menyebarkan sirah, menjadi agen kebaikan insya Allah ini kekuatan yang membuat kita bertahan lama dan istiqomah.

3. Action pertama setelah meluruskan Niat : Do Personal Branding. Branding lah diri kita supaya dikenal sebagai seorang penebar siroh. Baik secara online dan offline. Lagi-lagi bismillahkan ya...biar selama proses ini niat awal kita terus terjaga.

Kalau mentor saya dulu ditanya gimana caranya Branding di medsos? 

Jawaban beliau mulai sekarang juga, ganti foto profil semua platform medsos kita dengan produk SDI. Ini cara instan memulai membangun PB kita. Ini start awal yang efeknya lumayan cepat. Setelah nya ntar foto nya bisa diganti foto pribadi lagi ya...biar cust tahu bahwa kita real bukan fake seller.

Setelah ganti foto profil?

Mulai manfaatkan Media sosial kita. wa story, IG feed, IG story, FB status dan FB story. Kalau saya secara organik dulu, karena gratis...hehehe...

Mulai post status-status keseharian yang real, post quote yang memotivasi, artikel parenting, masakan, hobi, aktivitas bersama anak, artikel lucu, tips dan lain-lain, pokok nya post yang baik-baik yang bermanfaat. Hindari postingan galau, nyinyir, julid, curhat gaje...cukuplah itu mak lambe-lambean aja kita jangan yak... plus diselipkan 1 iklan tentang SDI setiap hari. Jangan putus jangan nggak. 😂

Nyetatus harus rutin...karena kita sedang membangun secara organik personal branding kita. Yang organik alias gratisan ini kudu konsisten mak, perlu waktu perlu telaten biar terbaca oleh algoritma social media kita sehingga apa yang kita post lewat di laman sosial media sahabat-sahabat kita. Sayang kan udah nyetatus capek-capek tapi nggak ada yang baca.

Jangan lupa perbanyak pertemanan di medsos, jangan pelit love n coment, bangun engagement dengan teman-teman di sosial media. Nggak ada transaksi tanpa interaksi, ini perlu diingat-ingat.


4. Kumpulin senjata buat membangun Personal Branding. Senjatanya :

*Kuasai product knowledge
*Koleksi foto produk, video produk
*list harga produk
*program kepemilikan buku-buku SDI
*Promo yang sedang berlangsung saat ini.

5. Buat list 100 orang terdekat di lingkaran kita yang tertarget. Artinya sesuai dengan target pasar buku-buku SDI. 

Misalnya : 
  • Muslim 
  • Orang tua yang memiliki anak rentang usia 0 - 14 th
  • Atau calon ibu dan ayah

Lalu targetkan misalnya 10 hari selesai memprospek 100 daftar nama yang telah dilist tersebut. Berarti 1 hari 10 nama.

Cara memprospek nya bisa langsung telp, atau japri-japri dulu ya... Ingat...sharing sharing dulu closing kemudian. Jangan terlalu bernafsu tiba-tiba menyapa dan nawarin dagangan. Hmmm...

6. Buat Broadcast berkala melalui wa. misalnya setiap 1 pekan sekali kita membroadcast ke 100 orang yang sudah kita list tadi. Isi BC nya bisa macem-macem. Bisa info promo buku, bisa tips membacakan buku, bisa quote motivasi, bisa info ajakan arisan, atau info ajakan berwakaf dan lain-lain. Redaksi Broadcast upayakan jangan terlalu panjang. Singkat dan jelas, boleh kata-kata saja atau disertai gambar. The power of broadcast ini pun dahsyat loh, jangan disepelein ya Marimar....

7. Jangan lupa buat Target pencapaian yang jelas dan detail dan bagaimana cara mencapainya.

Buat target pencapaian yang rasional yang kira-kira mampu dicapai tapi juga jangan terlalu low buatlah sebuat challenge bagi diri sendiri. Tanpa target kita akan bergerak perlahan, random, kehilangan arah bahkan jalan di tempat atau malah berhenti. 

Misalnya target Bulan Juni 1 SU (penjualan sekitar 5 paket buku Rasulullah Teladan Utama). Berapa hari lagi yang tersisa di bulan juni, apa dan bagaimana strategi untuk mencapai target. 

Boleh ya bayangin komisi atau reward sebagai penyemangat perjuangan mencapai goal setting. Misalnya 1 SU komisi yang bakalan diterima 1.950.000 plus reward mencapai 1 SU dalam 1 bulan sebesar 500.000, total bakalan nerima transferan sebesar Rp.2.450.000. Ini boleh banget divisualisasikan untuk menyemangati diri sendiri mencapai target. 


Setelah itu boleh memasang Target yang lebih besar lagi, Annual meeting misalnya.

7. Jangan lupa buat To Do List harian SLC.

Misalnya hari ini, tanggal sekian mau prospek by phone 10 orang, mau belajar buat desain foto markom, nulis tentang review buku SDI, mau broadcast tentang wakaf dan lain-lain. Usahakan up skill kita setiap hari dengan cara belajar segala hal yang mendukung dunia per SLC an.

Nah ini dulu kayaknya ya yang bisa langsung action dilakukan di awal bergabung sebagai SLC. Insya Allah selalu ada jalan bagi yang konsisten dan persisten.

Yuk bismillahkan insya Allah bisa .

Semangat bersenang-senang.

Selamat menikmati menjadi bagian dari keluarga besar penebar sirah Sygma Daya Insani.


Nining Pujianti
SLC SFC Medan

Tidak ada komentar