Wedang Sereh yang kaya manfaat


Sumber.www.halloSEHAT.com


Baca postingannya mak Devi Jendelamamak.com yang menghidang bandrek ketika ada hajatan di rumahnya, hmmmm....jadi pengen juga nulis kesan saya dengan minuman yang saat ini jadi favorit di rumah. Eh iya kalau mau baca-baca tulisan keren lainnya cap cus ke sana ya. Beragam artikel asik banget dinikmati sambil santai.

Btw balik lagi dengan cerita saya ya yang lagi kemaruk dengan minuman hangat menyegarkan ini, namanya Wedang Sereh.  Pertama kali terpesona waktu silaturahim ke rumah salah seorang Kepala sekolah di daerah Martubung dalam rangka mengantarkan buku wakaf titipan para waakif.

Inilah salah satu berkah menjadi kurir wakaf. Bisa bersilaturahim dengan orang-orang yang sebelumnya sama sekali belum kita kenal. Biasanya banyak cerita seru yang didapat. Bahkan banyak hikmah yang bisa dipetik dari pengalaman para penerima wakaf. Masya Allah tabarakallah.

Wajah sumringah Ibu kepala sekolah langsung memyambut saya dan sahabat saya sesama kurir wakaf. Matanya penuh binar. Kamipun dijamu layaknya saudara.

Beberapa panganan khas lebaranpun dihidangkan sebagai pembuka. Nah sebagai minumannya sang tuan rumah menghidangkan Wedang Sereh yang rasanya nano-nano, manis, asem dengan wangi Sereh yang kuat, minuman ini  masih hangat sekali, pas menghangatkan suasana penuh ukhuwah kala itu.

Rasanya adem sekali masuk ke perut yang mulai keroncongan. Hmmm Jam sudah menunjukkan pukul 12 siang. 

Siang itu saya menghabiskan 2 gelas Wedang Sereh. Rasa nikmatnya masih terasa hingga kini. Biasanya saya hanya membuat teh Sereh saja tidak dicampur rempah lainnya. Tapi dicampur ternyata menjadikan cita rasa wedangnya menjadi sangat nikmat.

Sereh ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Diantaranya :

1. Baik untuk pencernaan
Sereh mengandung zat yang disebut citral yang mampu mencerna makanan. Sereh sejak dulu digunakan dalam segala pengobatan lambung seperti kembung, sembelit, 
dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Mengatasi kecemasan
Berdasarkan Memorial Sloan Kettering Cancer Center, menghirup sereh dapat membantu orang yang sedang dilanda kecemasan. 

3. Menurunkan kolesterol
Sebuah studi menjelaskan efek sereh pada penurunan kolesterol pada hewan. Reaksinya tergantung pada dosis yang diminum.

4. Mencegah infeksi.
Sereh juga ditengarai memiliki kemampuan mencegah infeksi seperti sariawan yangvsering menyerang orang dengan daya tahan tubuh lemah seperti pasien HIV

5. Membantu meningkatkan kesehatan mulut.
Sereh diyakini memiliki khasian anti bakteri yang biasa menyebabkan infeksi pada gigi berlubang.

6. Mampu  meningkatkan kada sel darah merah
Hasil studi tahun 2015 menunjukkan bahwa minum teh sereh dalam 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi haemoglobin, memadatkan volume sel dan jumlah sel darah merah 
dalam tubuh.

Wah...ternyata banyak ya khasiat minum wedang sereh ini. Belum lagi kandungan rimpang yang lain, seperti jahenya.  Juga buah segar lemon yang so pasti kaya manfaat vitamin C dan anti oksidannya. 


Bagi yang ingin mencoba membuat sebagai minuman sehari-hari di rumah, ini resepnya ya.

Bahan :

4 batang sereh
Perasan jeruk lemon
jahe 1 ujung ruas jari digeprek
Bubuk teh
Sedikit gula (opsional, bila mau tanpa gula, silahkan).
Air untuk merebus

Semua bahan direbus dengan api sedang, kecuali gula. Kemudian disaring dan siap dihidangkan. Gampangkan.... Wedang sereh ini simpel pengerjaannya tapi masya Allah...khasiatnya luar biasa.

Silahkan mencoba...




6 komentar

  1. Oo.. kak Ning.. pas kali tadi malem kami buat jahe sere. Nah dimasukin slow cooker. Trus subuh nya awak masukin gula merah. Nanti tinggal cari lemon. Waaaah enaknya

    BalasHapus
  2. Bahannya mudah didapat kak dan gampang dibuat juga, siap baca ini auto dipraktikkan deh, pas banget soalnya dgn kondisi sekarang pandemi dan musim hujan pula. Makasih sharing-an ya

    BalasHapus
  3. Sereh atau Serai ini memang wajib ada di halaman rumah kita ya Kak dentist hehe... soalnya selain dibikin wedang jahe, juga ampuh mengusir nyamuk nakal

    BalasHapus
  4. Nikmat banget minum ini saat sore-sore dan hujan ya kak. rasanya badan jadi hangat dan segar. plus cocok juga buat ningkatin imun.

    BalasHapus
  5. Sereh yang udah dikemas kayak teh celup juga ada kak. Saya lebih suka pakai itu untuk buat teh sereh madu atau bandrek. Nggak repot lagi mencincang daun sereh nya.

    BalasHapus
  6. Wedang sereh jg bs menghilangkan kecemasan ya Kak... Noted. Nice share, Kakak

    BalasHapus