Aktivitas berliterasi di bulan Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan...
Bulan Ramadhan selain sebagai bulan tarbiyah jasmani dan ruhiyah (spiritual) juga sebagai tarbiyah segala hal positip yang bernilai ibadah. Banyak yang memanfaatkan datangnya bulan Ramadhan sebagai momentum untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Tak terkecuali para moms, selain sibuk mempersiapkan makanan berbuka dan sahur, mempersiapkan aktivitas mengisi waktu libur anak di bulan Ramadhan juga tak kalah serunya. Apalagi bagi anak-anak yang baru belajar berpuasa atau tahun ke 2 atau ke 3 menjalankan ibadah puasa penuh. Biasanya masih suka drama kan ya...Nah...mamak kudu nih nyiapin amunisi biar anak tidak bete dan kepikiran lapar dan haus.

Biasanya beraktivitas bersama, membuat anak lebih enjoy, kuat dan semangat menjalankan puasa. Aktivitas yang menyenangkan biasanya akan membuat hari-hari berpuasa tak begitu terasa. Malah bisa-bisa anak akan kangen momen-momen ini.

Ramadhan memang punya sejuta barokah. Siapapun yang mengambilnya insya Allah mendapat kebaikan demi kebaikan yang berlipat-lipat. Mari meninggalkan kesan yang menyenangkan kepada anak-anak di bulan Ramadhan ini. Mudah-mudahan mereka akan terus merindukan Ramadhan hingga dewasa nanti.

Tahun ini, saya membuat challenge di rumah untuk menguatkan budaya berliterasi anak. Jadi tujuannya mengkonsistenkan aktivitas membaca dan membacakan buku di rumah. Challenge ini bukan cuma buat anak saja tapi juga buat emaknya lho, karena emak juga kudu bacain buku. Ramadhan bulan menguatkan bonding, mari kita manfaatkan.

Kalau biasanya emak bacain 1 hari 1 buku sebelum tidur, maka selama Ramadhan targetnya ditambah. Setidaknya membacakan 2 sampai 4 buku perhari. Jadi kalau ditotal sebulan kira-kira telah menyelesaikan 100 buku.

Lets stary with bismillah...walaupun tantangan terbesarnya biasanya diri mamak sendiri. Iya nggak sih?  Males lah, sok sibuklah...hahaha...inkonsisten ini coba kita perbaiki di bulan baik ini. Aamiin...Semangat !!!!

Kira-kira seperti ini ya aktivitasnya:

Nama kegiatan :
Membuat pohon literasi Ramadhan

Tujuan :
Meningkatkan budaya membaca anak dengan cara membuat tantangan membaca dan membacakan 100 buku selama bulan Ramadhan.

Alat dan bahan :
Kardus, kertas origami, benang, cat air, spidol, pensil, gunting, kuas, cutter

Cara Membuat :
1. Buat gambar pohon dengan ranting-rantingnya terlebih dahulu dengan pensil.
2. Gunting dan potong dengan cutter.
3. Buat alas untuk dasar pohon supaya bisa berdiri tegak
4. Warnai dengan cat air seluruh permukaan pohon literasi.
5. Buat bentuk-bentuk sesuai yang diinginkan pada kardus dan kertas origami, lalu digunting
6. Lubangi bagian atasnya lalu masukkan benang dan disimpul.
7. Potongan kertas origami dan kardus ini berguna untuk menuliskan judul buku apa saja yang telah di baca. Lalu digantungkan di pohon literasi.

Jadi deh...

Libatkan anak menggunting


Begitu pula dengan mengecat pohon


Gimana mak? simple kan ?
Buat pohonnya sih simple ya mak...tapi komitmen baca bukunya ini yang mesti diniatin dengan kenceng. Bener apa betul? Hehehe...

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Saling mendoakan ya semoga kita jadi mamak-mamak yang konsisten menanamkan budaya literasi kepada keluarga.

See you...








15 komentar

  1. Jazakillah khairan kk...

    BalasHapus
  2. Kakkk... Mau awak buat kayak gini... Tq inspirasi nya kaa😘

    BalasHapus
  3. Pengen buat kaya gini sama si adek buk, tapi sayangnya kakaknya kurang pinter buat kaya gini :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang kok kak put. Ayo dicoba sama arasy....buat yang agak kecil aja put. Bisa juga untuk ngenalkan huruf hijaiyah

      Hapus
  4. cantek kali pohonnya... kami pun sukak crafting.. tp emaknya ni pemalas.. kasiyann anak awak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya akak pun kumat-kumatan. Kadang rajin kadang males...hehehehe...

      Hapus
  5. Sangat mengispirasi utk mendidik anak 👍

    BalasHapus
  6. Kreatif kali mamak satu ini lah, mantap kegiatannya lho

    BalasHapus
  7. Uwow ntar dek Olil segede Bang Arkan buat gini juga aaaah 😍 biar mamak agak ongkang ongkang kaki dulu ya kan 😂

    BalasHapus
  8. Cantiiiik pohonnya.
    ini juga bisa jadi cambukan buat emaknya kalo males baca ya kan mbak ning.

    Atau pohonnya juga bisa diganti jadi pohon target Ramadhan ya..

    BalasHapus
  9. ide bagus nih.. mudah2an bisa dicoba di rumah kak.

    BalasHapus
  10. Makasih mbaaaak lucu banget. Bisa diterapin sama adik2 dirumah. Salam kenal ya mbak, kmrn yg ikut paper quilling kn ya? Hihi

    BalasHapus