Nusa Rara the movie

Momen nonton bareng Film Nussa Rara di even Hijrah fest roadshow to Medan tanggal 6 April 2019 kemarin bener-bener amazing, sehingga jadi pengen bahas film besutan anak negeri yang satu ini. Bangga dong, kreator-kreator muda Indonesia menciptakan tokoh dan cerita animasi yang keren, mendidik dan disukai segala usia.


Cerita singkat dari momen Nobar Nussa Rara kemarin, yang buat petjah adalah menyaksikan animo anak-anak dan orang tua di kota Medan yang luar biasa tinggi untuk berbondong-bondong datang menghadiri acara nobar.

Aula Gedung Madinatul Hujjaj Asrama haji Medan yang berkapasitas kurang lebih 1000 orang itu full oleh penonton yang duduk lesehan bershaf-shaf. Malah masih banyak yang meskipun sudah mengantungi tiket nobar Nussa Rara tapi tidak diperbolehkan masuk karena ruangan overload. Huff...belum pernah nobar secrowded ini.




Dari satu titip pandang ini saya rasa nggak berlebihan deh kalau ada yang mengatakan bahwa film ini adalah fenomena keren bagi dunia animasi Indonesia, nafas segar wajah peranimasian tanah air.

Film Nussa Rara sendiri adalah film animasi yang diproduksi oleh rumah produksi animasi Indonesia The Little Giantz bersama 4 stripe production lainnya yang di gagas oleh Mario Irwinsyah. Masih ingat bang Rio kah? Beliau adalah putra dari artis lawas tanah air Ida Leman, yang kini aktif mempromosikan film Nussa Rara ke seantero Indonesia.

The Little Giantz merupakan rumah animasi yang sudah berdiri sejak 2016 yang lalu. Beranggotakan konten kreator muda dan inspiratif.  Mereka telah mengerjakan banyak proyek-proyek kerjasama dengan rumah produksi Hollywood dan beberapa studio Internasional lainnya. Sebut saja dari Finlandia, Denmark dan Malaysia.


Berawal dari sepulang melaksanakan perjalanan Umroh,  pak Yudi sebagai CFO The Little Giant, terinspirasi untuk membuat sebuah konten yang bernilai dakwah dan kebaikan bagi anak-anak.
Lalu ide baik ini disambut baik pula oleh jajaran The Little Giantz. Kemudian Mulailah sang CEO Aditya Triantoro bersama tim meracik  genre, tokoh utama, konten cerita, market usia penonton, dan lain-lain. Hingga akhirnya lahir lah film animasi Nussa dan Rara dengan tokoh utamanya Nussa, anta dan Rara yang kalau digabungkan ketiga nama tersebut menjadi Nusantara.




Menurut Produser Film Nussa Rara Ricky Manopo : ' kita ingin orang kalau menyebut Nussa Rara, maka akan ingat Indonesia'. Saya pribadi berharap kelak film ini bakalan mendunia sesukses film animasi negara tetangga yang udah sangat amat familiar bagi anak-anak Indonesia seperti Upin Ipin, Omar Hanna dan lain-lain.

Di tengah keprihatinan banyak orang tua dan penggiat parenting akan mutu tontonan anak-anak hari ini, yang semakin tergerus oleh konten-konten berbau kekerasan, kebarat-baratan, bulliying, dan lain-lain, padahal masa anak-anak adalah masa menjejak ingatan akan nilai-nilai baik, untuk itulah dirasa penting banget menghadirkan solusi tontonan yang mendidik.

Tak heran munculnya film Nussa Rara ini menjadi oase yang dinanti-nanti. Kisah tentang dua kakak adik yang relate dengan kehidupan kita sehari-hari tapi kaya akan pengajaran adab, sopan santun dan nilai-nilai keIslaman, membuat film ini langsung mencuri perhatian.



Berikut beberapa fakta menarik tentang Film Nussa Rara.

1. Merupakan animasi anak yang dibuat oleh kreator-kreator muda Indonesia yang mengedepankan nilai-nilai kebaikan, sopan santun dan kental dengan ajaran Islam, sehingga layak menjadi tontonan yang menuntun anak-anak Indonesia.

2. Film ini menjawab keresahan banyak orang tua dan praktisi parenting akan tontonan yang benar-benar sesuai untuk mengembangkan karakter baik anak-anak. Riset terhadap tokoh, karakter anak, kebiasaan dan sebagainya benar-benar tervisualkan dalam karakter Nusa yang perhatian dan penyayang serta adiknya Rara yang menggemaskan dan ceria.

3. Tokoh utama dalam film ini digambarkan sebagai seorang anak laki-laki disabilitas. Berusia sekitar 7 tahun yang gemar bersepeda bermain bola, sayang adik, patuh kepada orang tua dan bercita-cita menjadi hafidz qur'an.

Jadi ini bukan tanpa tujuan, menurut CEO The Little Giantz, tokoh Nussa dimaksudkan untuk mengedukasi anak-anak dalam sebuah massege bahwa anak-anak yang lahir tidak sempurna itu bukan sesuatu yang harus dirundungkan, disesali dan sebagainya. Tapi siapapun bisa bercermin pada tokoh Nussa yang digambarkan sebagai seorang anak sholih yang melawan keterbatasan, suka belajar, selalu bersyukur serta bahagia.



4. Animasi berkualitas Internasional.
Menurut Ust. Felix siauw yang turut mempromosikan film ini di laman Ig nya beberapa waktu yang lalu, mengatakan bahkan film ini tak kalah dengan film animasi dunia lainnya seperti ' Incredible'. Dan kabar baiknya film ini bakalan dibuat dalam berbagai bahasa. Hmmm...kereen...

5. Pesatnya perkembangan follower dan subscriber.
Terhitung sejak teaser trailer perdana film ini tayang, telah di banjiri oleh 7, 2 juta viewers dan 2,7 juta subscriber.

Episode perdana launching pertama kali di Youtube pada 20 Nopember 2018 yang lalu dengan chanel Nussa official berjudul 'Nussa...tidur sendiri nggak takut!' dan berdurasi sekitar 3 menit an.

Tayangan episode perdana ini langsung merangsek ke trending topik youtube Indonesia no.3 dengan 2, 2 juta viewers. Bahkan hingga kini telah menembus 23 juta viewers dan 2,7 subscriber bahkan sempat menduduki trending no 1.

Viewers film ini benar-bemar diluar ekspektasi sebab ditargetkan tembus 1 juta dalam beberapa bulan, faktanya kurang 1 bulan tayang sudah tembus 1 juta. Sukses episode perdana diikuti episode berikutnya yang meraup 8 jt viewers dan 2,7 jt subscriber. Mantul kan...

6. Fakta bahwa pencinta Nussa Rara hanya bisa menikmati tontonan film ini melalui canal You Tube saja, namun kini bisa lebih berbahagia, sebab The Little Giantz beberapa waktu yang lalu telah menanda tangani kerjasama dengan Buka Lapak untuk menyiarkan tayangan Film Nussa Rara ini melalui canal streaming Buka Nonton secara gratis bagi pengguna Buka Lapak.com.
Tayangan ini disiarkan mulai 4 April 2019 kemarin sebanyak 5 episode secara gratis setiap Jum'at dan bakalan ada tayangan spesial juga di bulan Ramadhan nanti. Cusss segera dijajal yuk...



Semoga ke depannya, film Nussa Rara ini semakin maju, sukses dan berkah ya...di tanah air hingga mendunia. Semoga karya-karya anak bangsa ini juga mendapat apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari bangsa sendiri, jangan sampai orang luar lebih tertarik untuk mengambil peluang-peluang kerjasama pengembangan film-film hebat seperti ini dari pada bangsa sendiri. Miris sih...mulai mendengar kalau dari dalam negeri banyak yang meminta bekerjasama, tapi dengan harga yang dirasa kurang menghargai. Apalagi tuntutan mengurangi konten Islami nya dirasa agak kurang pas. Sementara mulai datang perusahaan asing yang begitu tertarik dan menawarkan nominal kerjasama yang lebih uwow bahkan dengan permintaan konten Islami yang lebih banyak. Hmmm...jangan sampai karya anak-anak bangsa ini melayang ya...dan semoga bang Rio and temen-temen tetap konsisten deh dengan niat awal menciptakan Nussa Rara ini.

Bravo film animasi Indonesia









25 komentar

  1. Baru kali ini aku suka banget film animasi anak-anak setelah dewasa gini.
    Film ini bener-bener mengajarkan banyak hal di kehidupan dan dikemas dengan apik dan sederhana.
    Begitu pun cara Kakak mengemas tulisan kakak, dikemas dengan apik dan keren.

    Aku awal tahu Nusa disabilitas, sedih banget. Tapi, akhirnya seneng juga karena dia mengajarkan keikhlasan untuk adiknya dan teman-teman yang menonton Nusa & Rara.

    Terima kasih crew Nusa & Rara sudah membuat film animasi yang keren sekali.

    Salam Kak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..film ini meaningfull n so touchy banget ya di setiap episodenya. Anak ku itu sampek penasaran banget dengan kakinya nussa...jadi dia tau ada anak yang lahir nggak sempurna. Dari situ kadang masukin supaya bersyukur...keren deh filmnya. Salam kenal juga ya dek

      Hapus
  2. Anak2 kami juga penunggu setia episode baru nussa dan rara di official site youtube nya Mba Ning..

    Pantes gak ada di tivi, karena harganya kurang dihargai ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...infonya begitu...sementara dari luar malah CEO nya langsubg datang nawarkan yang lebih fantastis.

      Hapus
  3. Bukan anak aja yg suka. Emaknya pun suka.. Kami punya semua donlotannya heheehh

    BalasHapus
  4. Hihi iya...akak pun suka suka suka...jangan lupa subscribe nya mbk...biar makin keren...

    BalasHapus
  5. Anak2 ku juga suka kaa😍😍

    BalasHapus
  6. Iya alhamdulillah ya me...banyak yang suka nggk cuma anak2 kita kita pun suka.

    BalasHapus
  7. Anakku suka nonton Nussa rara di Youtube lucu animasinya ya kak, saya juga suka nih akhirnya ada animasi muslim untuk anak sebagai media pembelajaran agama juga, sekarang malah di BukaLapak ada tayangan serialnya lho kak, keren ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb id...udah ada kerjasama dengan buka lapak jadi bisa nonton mel canal buka lapak juga

      Hapus
  8. Saya sudah liat nih kak animasinya. Memang selain pesan yang diselipkan baik2 semua, dari segi tampilannya juga bagus kok. Walaupun buatan anak negeri, tp kualitasnya dari segi kelenturan pergerakannya dll secara keseluruhan oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...begitu pun kita doain semoga kedepannya lebih baik lagi biar bisa lebih mendunia animasi kita. Sipp lah

      Hapus
  9. Semoga ya mbak, bisa sesukses animasi punya tetangga. Film-film yang mendidik seperti perlu didukung, sehingga para creator jadi lebih bersemangat lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes...bener mb...apresiasi dari penikmat film tanah air itu ibarat dopingnya para creator biar tambah semangat ya kan...

      Hapus
  10. ini film keren yang mendidik cocok banget ditayangin. harusnya zaman sekarang anak anak udah dikasih didikan seperti fil nusa dan rara ii, mungkin kalau dari kecil sudah dicontohkan dan diberikan hal yang baik baik dari kisah animasi yang disukai anak anak. moral negeri akan membaik dan kasus pembulian akan berkurang secara otomatis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setidaknya ini jadi salah satu sarana mengedukasi anak2. Apalagi anak2 sekarang yang melek digital...kalau pake animasi pesan yang disampaikan lebih konek ke mereka

      Hapus
  11. Tinggal nunggu program acaranya aja ini di tipi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal deal2an nya oke mungkin suatu saat mereka mau ngelepas ke stasiun tv

      Hapus
  12. Film animasi yg banyak sekali manfaatnya buat di tonton anak-anak 👍

    BalasHapus
  13. Film yang mendidik untuk anak ya kak, salut sama orang orang di balik layar pembuatan film ini.

    BalasHapus
  14. MasyaAllah.. Nussa Rarra itu memberikan solusi tontonan animasi anak. kontennya cakep2. syuka sangat 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...kalau di kasih label...ini tontonan yang aman damai terkendali lah...ya kan...

      Hapus
  15. Indonesia butuh film seperti ini kak. Soalnya sekarang banyak film yang tak bermutu. Film, sinetron, maupun program tv lainnya. Tak mendidik semua.

    Semoga makin banyak film seperti ini kedepannya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul lah itu. Aamiin...semoga makin kreatif lagi anak2 muda Indonesia...

      Hapus