Beberapa Spot menarik di MTQ Kota Medan ke 52




Assalaualaikum...
Happy monday...
Selamat morning ...


Beberapa waktu yang lalu kami mengunjungi arena Musabaqah Tilawatil Quran Kota Medan yang ke 52, yang dipusatkan di Kecamatan Medan Marelan.

Walaupun lumayan jauh dari rumah, tapi dibelain datang ke sana. Secara, akhir-akhir ini Arkan lagi diperkenalkan ayah dengan mujawwad yaitu seni melagukan Al quran.

Harapannya di sana kami bakalan dengar bacaan qari' dan qari'ah terbaik kota Medan. Selain itu pengen memperkenalkan Arkan juga dengan seni syahril qur'an dan seni kaligrafi.


Pada MTQ tahun lalu kami tak berkesempatan mampir, begitu pula momen MTQ Nasional. So kali ini kami tak akan melewatkannya lagi.

Konon acara pembukaan MTQ kota Medan ke 52 ini berlangsung meriah, dibuka dengan pawai kafilah dan sambutan dari Bapak Wali Kota Medan Drs. Dzulmi Eldin didampingi wakil beliau Bapak Akhyar Nasution.

Acara ini berlangsung dari tanggal 9-16 Maret 2019, di lahan Jalan Rahmad Budin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Sayangnya kami tak mengantongi agenda acara, jadi begitu sampai di lokasi belum ada perlombaan apapun baik di stage utama maupun di tempat-tempat lainnya. Alhasil jadilah kami menghabiskan waktu sekitar  2 jam menelusuri booth demi booth yang berparade di  arena MTQ.


Ternyata ada beberapa spot di sana yang cukup menarik untuk dieksplore bersama anak. Berikut liputan sederhananya ya...

♡Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan

Di depan booth Dinas Pertanian dan Perikanan ini,  kita sudah disuguhkan oleh berbagai tanaman hidroponik lho...kebetulan di sekolah Arkan sudah mulai diperkenalkan dengan hidroponik. Nah di sini lumayan menarik, kebetulan Arkan baru liat pertama kali pohon Timun hidroponik, jadi exiting lah...

Lanjut ke dalam booth kita disuguhkan dengan aneka kokedama. Dari yang besar, sedang hingga yang kecil. Kokedama adalah seni menanam yang diperkenalkan orang-orang Jepang dengan media tanam tanah yang dibulatkan membentuk bola lalu dilapis dengan media lain seperti sabut kelapa, rumput dan lain-lain, kemudian diikat dengan menggunakan tali.

Nah permainan seni bisa dilihat dari jenis tali temali dan ikatannya serta media pembungkus tanah. Unik dan artistik. Kebetulan kami sudah membuat beberapa kokedama di belakang rumah jadi begitu lihat ini Arkan langsung teriak : ' ih...kayak punya bunda....' hehehehe...

Selain segala pertanian dan olahannya kita juga dikenalkan dengan perikanan. Dan....sebagai oleh-oleh dari booth ini tiap anak diberi poster  ajakan 'yuuk makan ikan....' wahhh...terima kasih...bisa jadi media mengedukasi anak di rumah ya moms...






♡Dinas komunikasi dan Informasi

Selanjutnya kami mampir ke Dinas Komunikasi dan Informasi.
Ini jadi spot menarik juga buat anak-anak...tetep ya, generasi alpha so exicting dengan teknologi komputer dan internet. Anak-anak pasti langsung duduk sambil menjajal komputer berlayar lebar di sana. Suasananya adeeem maak...AC nya di sini nih yang paling kenceng sekenceng internetnya..bushhhh....







♡Dinas Pemberdayaan perempuan

Nah di sini adalah booth yang paling banyak dikunjungi anak-anak. Sebab ini satu-satunya booth yang menyediakan playground anak.

Dan ramah anak banget, karena anak-anak bener-bener dibebasin main sepuasnya meskipun ruangan tak terlalu luas. Ibu yang bertugas menjaga booth hari itu hanya sesekali saja memperhatikan anak-anak sambil terus menyibukkan diri dengan HP. Jadilah anak-anak bolak balik keluar masuk. Kami pun sampai mampir dua kali ke sini demi memuaskan keinginan si bolang main.








♡Dinas Pendidikan
Awalnua yang menjadi daya tarik di sini adalah mobil perpustakaan keliling tentu saja dengan koleksi buku-bukunya.

Sayangnya buku anak-anak yang tersedia di perpustakaan mobil keliling ini nggak terlalu menarik. Begitu juga buku-buku yang di sale. Alhasil kami tak membawa 1 buah buku pun untuk dibawa pulang.





♡Stasiun Kereta Api Labuhan.

Tuuut.....tuuut...tuuuuut....di sini lumayan instagramable buat foto ya bu ibu....anak-anak juga seneng main di sini.w




♡Spot foto 3D

Spot foto 3 D juga ramai dijajal pengunjung untuk berswafoto. Walaupun cuma satu-satunya. Hihihihi...tapi lumayan banyak peminatnya. Ada 2 sepeda antik yang nangkring di sana. Memhuat hasil foto kita lebih ciamik. Bolehlah dicoba cekrak cekrek...





♡ Booth Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Nah...diantara semua booth, booth BPBD ini yang paling lama kami kunjungi. Bagus  banget buat mengedukasi dan mengenalkan anak tentang  tanggap bencana.

Jadi Badan Penaggulangan Bencana Daerah ini adalah lembaga pemerintah non departemen yang melaksanakan tugas penanggulangan bencana di daerah baik propinsi maupun kabupaten dengan berpedoman pada kebijakan Nasional.

Nah...segala hal tentang tanggap bencana ada nih di sini. Dari mulai seragam damkar lengkap, perahu karet, pelampung untuk taggap bencana banjir, peralatan kesehatan untuk pertolongan pertama peralatan hiking dan lin-lain. Pantom untuk edukasi pemberian nafas buatan juga ada. Lumayan lengkap deh....

Menariknya petugas di sini ramah-ramah dan sabar-sabar lho dalam mengedukasi dan menjawab pertanyaan anak-anak seputar tanggap bencana. Bahkan mereka sabar mempraktekkan tindakan penyelamatan pemberian nafas buatan, fungsi-fungsi alat-alat yang mereka gunakan, jelasin bagaimana simulasi gempa dan sebagainya. Dan semangat memakaikan peralatan mereka buat dicoba anak-anak...hahahaha...

Untuk mengedukasi, mereka juga menyediakan tv layar datar yang bisa ditonton pengunjung. Anak-anak tertarik nih liatnya.

Nah kemarin kita nonton simulasi gempa yang dilakukan BPBD dengan beberapa sekolah. Sambil dijelaskan  kepada anak-anak kenapa perlu dilakukan simulasi gempa?

Ternyata simulasi gempa ini dilakukan untuk mengantisipasi agar ketika terjadi gempa anak-anak tidak panik dan tau apa yang dilakukan. Jadi dari penjelasan abang-abang di sana, ada beberapa anak yang ketika terjadi gempa dan mereka berada di lantai 2 ruang sekolah, menjadi panik malah turun berdesak-desakan dan dorong-dorongan, ada juga anak yang memilih lompat sehingga menyebabkan cedera. Nah dengan adanya simulasi seperti ini, anak-anak diberi pengetahuan dasar sehingga faham apa yang harus dilakukan.

Ternyata BPBD ini bisa dipanggil ke sekolah-sekolah lho. Jadi program mereka bekerjasama dengan sekolah untuk mengedukasi siswa dengan simulasi gempa.

Nah...ada yang berminat bekerjasama? Langsung saja hubungi kantor BPBD yang terletak di seputaran Jl. Menteng 7 ya...

Ini beberapa foto-foto yang diabadikan di booth BPBD.








Sukses dan berkah penyelenggaraan MTQ ke 52 Kota Medan ya. Kemarin dapat kabar Kecamatan Medan Barat keluar sebagai pemenang...yeayyy....barokallah...

Semoga pelaksanaan MTQ selanjutnya lebih baik lagi ya, aamiin.

Sejujurnya pengen banget arena MTQ tak hanya ajang berlomba, tapi juga sarana edukasi dan menggali Alqur'an bagi anak-anak, sarana untuk mengenalkan sejarah dan seni Islam.

Ngayal nih ceritanya....keren kan ya...kalau di lokasi MTQ difasilitasi dengan spot-spot belajar kaligrafi buat anak-anak, memperkenalkan seni qiraah Qur'an buat anak-anak, kan banyak tuh macamnya ya... jadi sarana menggelar pameran sejarah Islam di Kota Medan misalnya, plus ada spot berkisah - kisah-kisah yang ada dalam Al quran, spot belajar sains yang ada dalam al quran buat anak-anak...pameran buku-buku berdiskon gede hahahaha..tetep emak-emak pengejar diskon kan... dan tentusaja banyak kegiatan lain yang positif yang dimaksudkan untuk meyemangati anak-anak semakin dekat dan cinta dengan qur'an.

Semogalah...someday bisa terwujud...







10 komentar

  1. Kami pun g sempat2 hadir kak. Tapi baca ulasannya jadi berasa hadir di sana♥♥♥

    BalasHapus
  2. Iya...lumayan jauh sih ya...trus kalau siang apalagi sekarang2 ini...puanase poll...

    BalasHapus
  3. langsung tak share ke guru sekolah lintang. btw udah tutup ya mtq nya?

    BalasHapus
  4. Udah mbak...tanggal 16 kemarin terakhir

    BalasHapus
  5. Wah ketinggalan info nih Alfie kak.... Pengen datang mau lihat secara langsung. Namun sayang sudah tutup. Dekat lho dengan rumah kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah dekat rumah ya dek...iya udah tutup. Kk juga telat ngepost..hehehe

      Hapus
    2. Wah dekat rumah ya dek...iya udah tutup. Kk juga telat ngepost..hehehe

      Hapus
  6. Boothnya keren2 kak, punya ciri khas masing-masing. Kalau bawa anak2 bisa mengedukasi jg ya

    BalasHapus
  7. Ulasannya keren kak. Udah bisa setara PRSU MTQ ini. Banyak event dan booth keren dlmnya

    BalasHapus
  8. seru ya kak.. 😍 aku ketinggalan info. coz tahun lalu deket rumah jadi bisa mampir. ini rada jauh ya

    BalasHapus